Beranda > Artikel > Nge-Rip DVD menjadi avi mengunakan Auto GK

Nge-Rip DVD menjadi avi mengunakan Auto GK


  1. Proses Pengcopy-an DVD

Karena proses ripping DVD ini membutuhkan waktu lama, maka akan lebih baik jika kita mengcopy-nya dulu ke hard disk. Proses pengcopy-an bisa dilakukan langsung dengan cara mengcopy folder Video TS, atau menggunakan program pengcopy-an DVD. Saya sendiri menggunakan program DVD Shrink. Keunggulan menggunakan program yaitu jika dalam satu DVD terdapat banyak judul (title) kita bisa mengcopy salah satunya ataupun memisahkannya menjadi file tersendiri.

Now let’s get started. Buka program DVD Shrink.

Jika kita mau mengcopy keseluruhan DVD, maka tekan tombol Full Disk lalu tekan Open Disc.

Akan muncul jendela Open DVD Disc lalu tekan OK.

Maka proses analyzing akan berlangsung. Setelah proses analyzing selesai, maka akan muncul keterangan-keterangan di menu DVD Structure dan Compression Setting. Pada menu DVD Structure kita pilih yang paling atas (ikon disc). Pada menu Compression Setting kita bisa atur sesuai keinginan kita.

Setelah itu tekan tombol Backup! Pilih Select backup target-nya Hard disk folder. Pilih tempat untuk menyimpan hasil pengcopy-an di Select target folder for DVD output files. Tekan OK. Maka proses pengcopy-an akan berlangsung.

Jika kita mau mengcopy judul (title) tertentu maka pilih Re-Author. Pada drop down di menu DVD Browser kita bisa pilih DVD yang akan kita copy. Maka akan muncul keterangan-keterangan. Di submenu Main movie akan muncul jumlah title yang ada di DVD tersebut. Pilih satu title lalu tarik (drag) ke menu DVD Structure.

Di menu Compression Setting kita bisa melakukan beberapa pengaturan seperti memilih subtitle tertentu. Jika kita menginginkan hanya satu subtitle misalnya Indonesian, maka kita tinggal menghilangkan tanda ceklis selain Indonesian.

Tekan tombol Backup!, dan proses selanjutnya sama dengan langkah diatas.

2.    Proses Ripping DVD

1.   Buka program AutoGK.

2.   Step 1 : Select input and output file. Disini kita memilih file yang akan di rip (input file). Tekan ikon folder pada input file, lalu cari direktori file yang akan di rip dan pilih file VTS_01_0.IFO, tekan Open. Setelah itu kita tempatkan file hasil ripping nanti di output file. Tekan ikon folder pada output file dan pilih tempat penyimpanan dan nama filenya, tekan Save.

3.   Step 2 : Select audio track and subtitle track. Jika dalam DVD terdapat lebih dari satu audio, maka kita bisa memilih salah satunya. Jika kita mau memasukan subtitle pada video hasil ripping, maka ceklis subtitle yang dipilih.

4.   Step 3 : Select Output Size. Ada tiga pilihan yang disediakan oleh AutoGK untuk memilih ukuran file hasil ripping nanti. Pertama adalah Predefined size. Pada pilihan ini, ukuran file keluaran sudah ditentukan. Kedua adalah Custom size. Kita bisa memasukan nilai ukuran file yang dikehendaki dimenu ini. Ketiga adalah Target quality (in percentage). Pilihan ini berdasarkan kualitas hasil ripping dalam persentase.

5.   Step 4 (optional) : Advanced parameters. Klik Advance setting. Langkah ini adalah untuk menentukan resolusi dan tipe audio.

6.   Setelah pengaturan selesai, tekan Add Job lalu tekan Start. Dan proses ripping pun dimulai. Selamat menunggu.

Download DVD Shrink

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: